EVALUASI KEBIJAKAN PENGENTASAN KEMISKINAN DALAM PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KECAMATAN REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG

Ida Syamsu Roidah

Abstract


Salah satu masalah yang utama dalam pembangunan di Indonesia saat ini adalah masih besarnya jumlah penduduk miskin dan pengangguran. Program-program yang selama ini dilaksanakan dalam upaya pengentasan kemiskinan belum mampu memberikan dampak besar, sehingga tujuan dari pembangunan nasional terkait masalah pemerataan kesejahteraan masyarakat masih menjadi masalah yang berkepanjangan.

Dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan sekaligus pengembangan kebijakan di bidang perlindungan sosial bagi keluarga rumah tangga sangat miskin (RTSM), pemerintah perlu mengeluarkan sebuah program yang dapat memberikan  bantuan bersyarat sebagai jaminan sosial untuk masyarakat miskin untuk mengakses kesehatan dan pendidikan yang mencakup kesehatan balita dan ibu hamil serta pendidikan bagi anak usia pendidikan dasar. Oleh karena itu pemerintah meluncurkan program Program Keluarga Harapan (PKH) untuk menanggulangi masalah kemiskinan. Pelaksanaan di Indonesia diharapkan akan membantu penduduk termiskin.

Berkaitan dengan hal tersebut pelaksanaan Program Keluarga Harapan yang terdapat di Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung ini didasarkan pada tingginya jumlah rumah tangga miskin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak Kebijakan dan memberikan bukti nyata dari Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data melalui wawancara kepada informan. Berdasarkan hasil penelitian melalui wawancara dan pengamatan menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung ini sudah berjalan dengan cukup baik. Hal Ini dapat dilihat dari setiap tahapan proses pelaksanaannya yang berjalan lancar.


Full Text:

PDF

References


Solichin, Abdul Wahab. 2005. Analisis Kebijaksanaan Dari Formulasi Ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

Sadiman, Arif S, dkk. 2011. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. PT. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Chambers, Robert. 1996. PRA:Memahami Desa Secara Partisipatif. Yogyakarta: Kanisius Oxfarm Yayasan Mitra Tani.

Edwards III, George C. 1980. Implementing Public Policy. Washington:Congressional Quartely Press.

Hill, Micheal. 1993. Public Process: A Reader. London:University of Newcastle.

Howlett, Michael dan Ramesh M. 1995. Studying Public Policy: Policy Cycles and Policy Subsystems. New York:Oxford University Press.

Kartasasmita. 1996. Pembangunan untuk Rakyat Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan. Jakarta.

Moleong, Lexy J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rosda Karya.

Nugroho, Riant. 2006. Kebijakan Publik Untuk Negara-Negara Berkembang. Jakarta:PT Elex Media Komputindo.

Purwanto. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Soemitro dan Sutyastie. 2002. Kemiskinan dan Ketidakmerataan di Indonesia. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Soetomo. 2006. Strategi-Strategi Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Strauss, Anselm, Corbin, Juliet. 2007. Basics of Qualitative Research. Kamdani (Editor). 2003. Muhammad Sodiq dan Imam Muttaqien (Penterjemah) 2007, Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Cetakan kedua. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Sugiono. 2008. Metode penelitian Kualitatif, Kualitatif dan P&D. Bandung. : Alfabeta.

Suyanto, Bagong. 2005. Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta : Prenada Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.